5 Indikator Mobil Bekas Berkualitas yang Sering Dilupakan

By Arris Riehady - Februari 4, 2021

Selain keaslian dan kecocokan dokumen, cek dulu indikator mobil bekas berkualitas yang harus diperhatikan sebelum memboyongnya ke garasi!

asuransi mobil

Bukan bekas tabrakan berat

Tabrakan berat ini akan mengakibatkan struktur sasis atau tulang mobil berubah. Walau ada bengkel yang dapat mereparasinya hingga sempurna, tetap saja performanya akan berubah.

Kemudian, airbag mobil yang pernah mengalami tabrakan berat biasanya sudah diganti sehingga terlihat baru.

Lalu, bila tabrak depan, pada bagian engine bay atau ruang mesin yang sudah diganti, strukturnya terlihat baru, banyak bagian lubang yang tampak mulus.

Baca juga: Cara Deteksi Mobil Bekas Kecelakaan, dari Bodi Sampai Mesin

Bila tabrak samping dan belakang juga begitu, bagian pilar, pintu, dan bagasi juga terlihat seperti tampak baru.

Padahal, bagian yang disebut di atas, baik cat dan warnanya akan sedikit pudar seiring dengan penggunaan serta berjalannya waktu.

Toyota Banjir

Tidak pernah terendam banjir

Indikator untuk melihat ciri mobil bekas banjir berbeda-beda. Ada mobil yang hanya terendam sebatas kaki-kaki, lantai, jok, atau terendam sampai atap.

Mobil bekas banjir biasanya memiliki aroma interior yang berbeda. Meski sudah dibersihkan, ada saja noda, aroma apek, atau lembab yang tertinggal dan sulit untuk menghilangkannya.

Umumnya, area di interior pada mobil tidak dilapis anti karat. Periksa bagian bawah karpet dasar, bila ada karat pada panel besi atau baut, bisa jadi mobil bekas tersebut pernah kebanjiran.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Selanjutnya, lampu dari mobil yang sudah pernah kebajiran terlihat kusam dan menguning, khususnya pada bagian reflektor, sehingga cahaya yang dihasilkan kurang terang atau bahkan redup.

Suspensi yang pernah terendam banjir kinerjanya sudah tidak sempurna lagi, bisa saja mengeluarkan bunyi berdecit yang keras. Cara mengeceknya mudah, tinggal goyangkan mobil.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!