5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Tingkat Akhir yang Paling Menguntungkan

By Rismawati Idris - June 14, 2019

Daripada bosan mengerjakan skripsi seperti bertemu dosen pembimbing dan ke perpustakaan, ada kegiatan lain yang bisa menjadi ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir, misalnya seperti ini.

Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang menguntungkan. Kamu bisa melakukan banyak hal, entah itu fokus pada penelitian tugas akhir, bergabung dalam kegiatan mahasiswa, atau menyenangkan diri dengan jalan-jalan bersama teman.

 

Akan tetapi, bagi yang pintar melihat peluang, biasanya akan memanfaatkan status mahasiswa tingkat akhir tersebut dengan mengambil kegiatan sampingan. Dari kegiatan itu, kamu tak hanya menambah pundi-pundi penghasilan saja.

 

Paling tidak, waktu selama satu semester yang tersisa tidak akan terasa lama dan membosankan. Jadi, biar pun kamu sibuk menuntaskan sisa SKS, kamu juga bisa memanfaatkan waktu buat menambah pengalaman dan penghasilan.

 

Nah, untuk menambah pengalaman hidup di semester akhir kuliah, ada 5 ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir yang Sejalan rekomendasikan buat kamu.

Tutor freelance

Pekerjaan sebagai tutor dikenal sebagai kegiatan samping yang paling diminati mahasiswa. Selain waktu kerja yang terbilang santai, mencari uang dari kegiatan ini juga tak susah. Kamu dapat menentukan sendiri berapa besaran biaya jasa yang ingin kamu tawarkan. Bahkan, untuk memulai kegiatan bisnis ini pun tak memerlukan modal.

 

Meski begitu, bisnis ini menuntut para mahasiswa untuk mendalami bidang ajar yang mereka tempuh. Bila kamu mahasiswa jurusan matematika, kamu harus menjadi tutor matematika, sedangkan untuk mahasiswa di luar matematika, kamu tak bisa mengajar materi tersebut.

 

Tak menutup kemungkinan pula bila ada lembaga les yang menawarkan bidang ajar lain masih bisa kamu ajarkan berdasarkan jenjang kemampuanmu.

 

Baca juga: 5 Tren Pekerjaan Freelance 2019

 

Dari kegiatan ini, kamu juga bisa berbagi ilmu kepada muridmu sekaligus me-recall kembali materi ajar yang telah dosen berikan di kampus.

Bisnis online

Di era sekarang, dunia digital memang telah menjadi fokus utama masyarakat dalam berkegiatan. Bila ingin berdiskusi seputar tugas kuliah, kita bisa melakukannya di WhatsApps atau Line Group. Selain itu, mencari referensi tugas pun tak perlu jauh-jauh lagi ke perpustakaan, cukup buka Google saja.

 

Lantaran segalanya bisa dilakukan secara online, pasar digital pun laris manis menjadi tempat jual-beli yang paling menguntungkan. Kamu dapat menjual berbagai barang atau jasa di platform bisnis yang ada. Atau kamu juga dapat membukanya sendiri melalui akun Instagram, Facebook, WhatsApps, dan media lainnya.

 

Adapun jenis usaha yang banjir di kalangan mahasiswa ialah jualan bunga wisuda, buku, baju, kerudung, hingga case HP.

 

Meski tak membutuhkan modal banyak, tetapi untuk dapat bersaing dengan menjual online lainnya, kamu perlu membuat bisnis digital yang kreatif dan antimainsteam. Jadi, bagi kamu yang tertarik, kamu bisa mulai dari sekarang!

Influencer

Banyak artis  yang lahir dari bisnis onlinenya dari Instagram maupun Blogg sebagai influencer. Mereka memulai kegiatan sampingan itu dari masa kuliah dan bahkan masih bertahan hingga kini.

 

Sebagai salah satu contohnya ialah Ria Ricis. Ia terkenal lantaran aktif mempromosikan usaha dan personal branding dirinya yang beda dengan influencer lain. Saat ini ia terkenal sebagai influencer dan artis yang sukses dengan bayaran yang sangat mahal dalam sekali promosi produk.

 

Nah bagi kamu yang tertarik menjadi influencer, kamu bisa memanfaatkan akun Instagram-mu dengan mulai merintis sebagai influencer. Tak perlu dari brand yang paling mahal, tetapi mulailah dari usaha kecil, seperti olshop teman terdekatmu lebih dahalu.

 

Perlu diketahui juga, sebagai influencer kamu harus memiliki sekitar 2.000-an followers. Para followers itu bisa kamu dapatkan dengan aktif membuat konten, yang sedapat mungkin menarik dan kreatif, ya.

Fotografer

Bagi kamu yang hobi memotret, kamu bisa memanfaatkan hobimu itu sebagai ladang bisnis. Kamu dapat memulai usaha dari hobi tersebut dengan menjadi fotografer, entah jadi fotografer freelance di salah satu perusahaan atau membuka usaha sendiri dengan bekerja sama bersama teman.

 

Bisnis ini terbilang sedang hits di kalangan anak muda. Tak sedikit para mahasiswa yang memutuskan untuk menjadi fotografer untuk berbagai acara, entah wisada, pernikahan, dan tunangan. Namun, ada pula yang menjadi fotografer freelance di kantor.

 

Kamu bisa memilih sendiri mana kegiatan fotografer yang akan kamu lakukan, apakah di kantor sebagai freelance atau membuka usaha sendiri. Karena keduanya pun sama-sama menguntungkan.

 

Baca juga: Serunya Jalan Bareng Sejalan!

 

Kapten Sejalan

Banyaknya platform digital yang berkembang saat ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang signifikan. Salah satu contohnya ialah Sejalan. Ini adalah aplikasi ride sharing yang tak hanya menawarkan tiket perjalanan saja, namun, memberikan peluang bagi kamu dalam menambah penghasilan.

 

Kamu bisa bergabung dengan Sejalan sebagai Kapten yang memberikan tumpangan pada teman-teman yang satu arah denganmu. Cukup download aplikasi Sejalan dan daftarkan dirimu sebagai Kapten. Kamu sudah bisa memberikan tumpangan dan mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya perjalanan kamu, seperti tol, bensin, dan parkir dengan Teman Sejalanmu. Jadi, perjalananmu ke kampus, mal, atau tempat liburan lainnya akan jadi lebih hemat.

 

Jadi, daripada bosan di kampus dengan kegiatan semester akhir yang cenderung monoton, kamu bisa melakukan kegiatan tambahan dengan ide bisnis untuk mahasiswa akhir seperti di atas. Selamat mencoba.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.