Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Setir Bawaan Dengan Setir Racing

Merubah penampilan interior mobil dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah mengganti setir standar bawaan pabrik dengan setir racing. Biasanya, pengendara melakukan ini agar tampilan interior lebih bernuansa balap.

 

Sekarang sudah banyak setir racing yang tersedia di pasaran dan menawarkan beraneka ragam bentuk serta bahan. Namun, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengganti setir bawaan dengan setir racing. Apa saja? Berikut tipsnya.

 

1. Pilih ukuran yang tidak terlalu berbeda dengan bawaan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilih ukuran setir racing yang tidak terlalu berbeda dengan setir bawaan. Biasanya, setir mobil bawaan pabrikan berukuran 14 sampai 15 inchi, sementara setir racing memiliki diameter sekitar 12,6 sampai 13,8 inchi.

 

Ukuran setir tersebut akan berpengaruh pada radius putar setir. Semakin kecil ukurannya, semakin cepat radius putarnya. Maka dari itu, jika Anda tidak ingin radius putar setir berbeda jauh dengan sebelumnya, pilihlah ukuran setir yang tepat.

 

2. Pilih bahan yang tidak licin

Bahan pembalut setir juga sangat berpengaruh pada kenyamanan mengemudi. Bahan setir yang lazim dipakai adalah kulit imitasi, kulit asli, suede, atau kayu. Dari bahan-bahan tersebut, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih baik lagi jika bahan yang Anda pilih tidak licin, sehingga kegiatan menyetir Anda akan lebih nyaman dan tidak membahayakan diri sendiri serta orang lain.

 

3. Perhatikan respon setir

Jika setir standar diganti dengan setir racing, otomatis respon yang dihasilkan juga berbeda. Selain itu, jangan lupa perhatikan bentuk atau model dari setir racing, apakah berbentuk celong atau rata. Kedua model tersebut memiliki karakteristik berbeda yang bisa dirasakan sendiri oleh penggunanya.

 

Nah, yang perlu diingat adalah rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa membahayakan pengendara. Untuk itu, sebelum mengganti setir, pertimbangkan modelnya terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko.

 

4. Pilih palang setir yang tepat

Selain berfungsi sebagai tumpuan bagi tangan pengendara ketika ingin berbelok, palang setir juga berpengaruh terhadap penampilan interior mobil. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memperhatikan model palang ketika mengganti setir agar sesuai dengan desain interior mobil Anda.

 

Jika Anda menginginkan gaya sporty, setir berpalang dua cocok jika diaplikasikan di mobil Anda. Namun, jika ingin mobil tampil lebih elegan, ada baiknya Anda menggunakan setir berpalang empat ketimbang setir berpalang dua atau tiga. Pastikan juga palang setir membuat Anda nyaman dan tidak mengganggu saat berkendara.

 

5. Jangan lupakan sistem keamanan

Biasanya, setir racing tidak memiliki airbag. Sementara setir mobil biasa sudah dilengkapi dengan airbag. Jadi, ketika Anda menggantinya dengan setir racing, otomatis airbag akan hilang. Tentunya, ini akan menambah resiko pada pengendara jika terjadi hal berbahaya di jalan. Bukan itu saja, Anda juga bisa kehilangan tombol-tombol penting di setir mobil standar Anda jika menggantinya.

 

Jadi, perlu ada perhitungan yang matang sebelum mengganti setir standar dengan setir racing. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai mengganti setir membuat Anda jadi tidak aman berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.