Search Cars

Otomotif

5 Faktor yang Menyebabkan Mobil Baru Mengalami Kenaikan Harga

Faktor apa yang mempengaruhi kenaikan harga mobil baru dan turunnya harga mobil bekas?

kenaikan hargaHarga adalah salah satu faktor yang menjadi penentu sebagian orang jadi membeli mobil pilihannya atau tidak. Bila harga mobil dirasa terlalu tinggi (over price), mungkin pembeli akan mengurungkan niat untuk memboyong mobil pilihannya itu ke garasi.

 

Namun sebaliknya, jika harga sesuai dengan apa yang terdapat di dalam mobil tersebut, pembeli tidak akan berfikir dua kali untuk mendapatkannya, walaupun harganya selalu naik.

 

Hal itu mungkin sudah sering dialami oleh para pembeli. Ketika ingin membeli mobil pilihan, harga yang ditawarkan masih seperti sebelumnya. Ketika sudah berniat ingin membeli, harga mobil malah sudah naik, tidak sama dengan harga pertama kali. Tetapi, ini tidak terjadi setiap tahun, dan kenaikan harga masih dianggap wajar.

 

Baca juga: Kenapa Harga Mobil Naik di Tahun 2019?

 

Lalu, apabila mobil sudah dibeli dan ingin dijual di tahun berikutnya, harga mobil akan mengalami penurunan.

 

Sebenarnya, apa yang membuat hal tersebut dapat terjadi? Mungkin penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan ini.

 

Harga bahan baku

Faktor pertama yang mempengaruhi kenaikan harga mobil adalah bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat mobil. Bahan baku adalah hal penting yang selalu diperhatikan oleh setiap pabrikan ketika ingin membuat sebuah mobil.

 

Bila konsumen menginginkan mobil yang kuat dan tangguh, maka bahan baku yang dibutuhkan harus berbanding lurus dengan permintaan tersebut.

 

Bahan baku yang berkualitas, pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan bahan baku standar. Maka dari itu, harga mobil akan selalu mengikuti kualitasnya. Semakin bagus kualitas sebuah mobil, semakin tinggi juga harganya.

 

Fitur dan teknologi

Berikutnya adalah fitur dan teknologi yang disematkan dalam mobil. Sekarang ini, mobil sudah memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantu pengemudi untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

 

Baca juga: 6 Fitur Canggih di Mobil yang Jarang Digunakan

 

Fitur dan teknologi canggih itu membutuhkan riset dan pengetesan (trial & error) sebelum benar-benar dilempar ke pasaran agar berfungsi dengan maksimal. Oleh karena itu, harga sebuah mobil akan naik bila fitur dan teknologinya semakin canggih.

 

Permintaan pasar

Faktor lainnya yang membuat harga mobil naik adalah permintaan pasar. Semakin besar minat masyarakat terhadap suatu mobil, semakin besar pula faktor pendukung yang digunakan untuk membuat mobil tersebut.

 

Misalnya bahan baku, pabrik, karyawan, dan lain sebagainya. Produsen pun akan dikejar-kejar waktu untuk menyelesaikan permintaan pasar. Untuk itu, biaya yang dikeluarkan oleh produsen pastinya akan ikut bertambah.

 

Biaya administrasi dan inflasi

Kemudian, biaya administrasi yang harus dibayarkan ikut menjadi penentu kenaikan harga mobil.  Biaya itu meliputi biaya pajak, balik nama, sampai dengan biaya pengiriman mobil atau bahan baku pendukung produksi.

 

Baca juga: Cara Membayar PKB Online Melalui ATM, e-Samsat, dan SMS

 

Tetapi, kenaikan harga yang disebabkan oleh biaya administrasi jarang terjadi setiap tahun. Setelah itu, kenaikan harga mobil biasanya juga akan terpengaruh dari tingkat inflasi.

 

Upah Minimum Regional (UMR) pekerja

Faktor terakhir yang membuat harga mobil naik adalah tingkat UMR pekerja. Semua pabrikan tentunya akan mengikuti dan mendukung setiap kebijakan serta peraturan dari pemerintah demi tercapainya kesesuaian upah pekerja dengan tugas yang dijalankannya.

 

Ini tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 Tentang Jaminan Kecelakaan Kerja Dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

 

Itulah yang menyebabkan harga mobil akan mengalami kenaikan. Sedangkan yang mempengaruhi harga mobil mengalami penurunan ketika dijual kembali adalah status dari mobil tersebut, yaitu menjadi mobil bekas.

 

Lalu, kualitas mesin, lama dan jarak pemakaian, fitur, teknologi, serta lain sebagainya juga ikut mempengaruhi harga mobil bekas.

 

Baca juga: Warna Juga Jadi Penentu Harga Jual Mobil Bekas Loh

 

Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil bekas, mungkin Seva.id dapat membantu menemukan mobil bekas yang cocok dengan kebutuhan Anda. Seva.id menyediakan berbagai jenis mobil bekas berkualitas di fitur Pilihan Expert.

 

Jadi, bila ingin membeli atau upgrade mobil lama Anda dengan mobil bekas berkualitas, langsung kunjungi fitur Pilihan Expert di Seva.id dan nikmati promo-promo menarik yang disediakan khusus untuk Anda.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.