5 Faktor yang Mempengaruhi Emisi Gas Buang pada Mobil

By Arris Riehady - Maret 1, 2021

Aturan uji emisi resmi ditetapkan beberapa waktu lalu. Sebenarnya, apa saja faktor yang mempengaruhi emisi gas buang mobil?

emisi gas buang

Mulai 24 Januari 2021, DKI Jakarta mewajibkan uji emisi kendaraan bermotor, baik kendaraan roda empat dan roda dua berusia di atas tiga tahun.

Pelaksanan kali ini akan dilakukan bersama dengan pihak kepolisian yang juga menjadi sosialisasi soal pengenaan tilang dan sanksi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Lalu, dalam pengawasannya, peraturan tersebut juga akan terkait dengan perundangan-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan sehingga pelanggar akan diancam denda maksimal Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 250.000 untuk sepeda motor.

Baca juga: BMW Astra Sediakan Layanan Uji Emisi Bersertifikasi, Mau?

Selain itu, sertifikat lolos uji emisi juga menjadi syarat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku pajak kendaraan bermotor.

Kewajiban uji emisi kendaraan bermotor sebenarnya sudah ditetapkan pada 2020 lalu. Namun, pengaplikasiannya baru bisa dimulai di awal 2021 ini harus ada sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi emisi gas buang mobil?

emisi gas buang

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!