Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Faktor yang Mempengaruhi Emisi Gas Buang pada Mobil

Aturan uji emisi resmi ditetapkan beberapa waktu lalu. Sebenarnya, apa saja faktor yang mempengaruhi emisi gas buang mobil?

emisi gas buang

Mulai 24 Januari 2021, DKI Jakarta mewajibkan uji emisi kendaraan bermotor, baik kendaraan roda empat dan roda dua berusia di atas tiga tahun.

Pelaksanan kali ini akan dilakukan bersama dengan pihak kepolisian yang juga menjadi sosialisasi soal pengenaan tilang dan sanksi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Lalu, dalam pengawasannya, peraturan tersebut juga akan terkait dengan perundangan-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan sehingga pelanggar akan diancam denda maksimal Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 250.000 untuk sepeda motor.

Baca juga: BMW Astra Sediakan Layanan Uji Emisi Bersertifikasi, Mau?

Selain itu, sertifikat lolos uji emisi juga menjadi syarat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku pajak kendaraan bermotor.

Kewajiban uji emisi kendaraan bermotor sebenarnya sudah ditetapkan pada 2020 lalu. Namun, pengaplikasiannya baru bisa dimulai di awal 2021 ini harus ada sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi emisi gas buang mobil?

emisi gas buang

Faktor yang Mempengaruhi Emisi Gas Buang pada Mobil

emisi gas buang

Uji emisi gas buang dalam pelaksanaannya akan dilakukan dengan menggunakan alat yang mampu mengukur dan menganalisa kadar atau kandungan CO (Karbon Monoksida), HC (Hidrokarbon), CO2 (Karbon Dioksida), O2 (Oksigen), dan NO (Nitrogen Oksida).

Nantinya, alat tersebut akan menampilkan angka kandungan CO, HC, CO2, dan Lamda yang paling stabil.

Jika kualitas sistem pembakaran tidak dalam kondisi yang prima, maka akan berpengaruh ke emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Baca juga: Apa Saja yang Menjadi Penyebab Mobil Tidak Lulus Uji Emisi?

Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan secara berkala mobil kesayangan agar emisi gas buang mobil tetap dalam batas normal.

Kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id. Tidak hanya melakukan pengecekan, kamu juga bisa melakukan perawatan dan servis berkala, hingga ganti suku cadang mobilmu.

Booking Service

Jadi, gunakan saja layanan Home Service atau Booking Service. Mobil selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Mulai sekarang, yuk rawat mobilmu secara rutin demi menciptakan kualitas udara yang lebih sehat.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.