Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Faktor yang Mempengaruhi Emisi Gas Buang pada Mobil

Aturan uji emisi resmi ditetapkan beberapa waktu lalu. Sebenarnya, apa saja faktor yang mempengaruhi emisi gas buang mobil?

Demi menciptakan udara yang lebih sehat, beberapa waktu lalu aturan uji emisi resmi menjadi syarat wajib bagi mobil dan sepeda motor dengan usia lebih dari tiga tahun di Jakarta. 

Tentunya, akan ada sanksi bagi mobil atau motor yang tidak lolos uji emisi. Sesuai Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama untuk mobil mesin bensin produksi di atas 2007, ambang batas emisi gas buang di Indonesia berpatokan pada parameter karbon monoksida (CO) 1,5 persen Vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm Vol.

Baca juga:  BMW Astra Sediakan Layanan Uji Emisi Bersertifikasi, Mau?

Uji emisi gas buang dalam pelaksanaannya akan dilakukan dengan menggunakan alat yang mampu mengukur dan menganalisa kadar atau kandungan CO (Karbon Monoksida), HC (Hidrokarbon), CO2 (Karbon Dioksida), O2 (Oksigen), dan NO (Nitrogen Oksida). 

Nantinya, alat tersebut akan menampilkan angka kandungan CO, HC, CO2, dan Lamda yang paling stabil.

Lalu, sebenarnya apa saja sih yang mempengaruhi emisi gas buang dari sebuah mobil?

mengganti busi mobil

Kualitas sistem pembakaran

Salah satu bagian yang berperan penting pada emisi gas buang sebuah kendaraan adalah sistem pembakaran. 

Dalam hal ini, busi mobil yang berperan mengalirkan pembakaran dan memberikan energi pada mobil perlu dirawat dan diperhatikan kualitasnya.

Sebab, jika tidak terawat, berjamur atau berkarat, maka busi mobil yang rusak ini akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai
Setiap produsen otomotif akan memberikan rekomendasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) kepada konsumen.

Langkah tersebut dilakukan, agar performa mesin dari mobil tetap maksimal, tak terkecuali pada proses pembakaran.

Oleh karenanya, agar pembakaran pada dalam ruang mesin bisa berlangsung lebih sempurna. Gunakanlah bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Mulai 24 Januari 2021, Jakarta Wajibkan Uji Emisi Kendaraan

Pembakaran yang sempurna dapat menekan angka CO karena minimnya endapan karbon pada ruang bakar dari sisa pembakaran bermasalah.

Selain itu, sering mengganti bahan bakar kendaraan dengan tingkat oktan yang berbeda juga akan membuat pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan tangki menjadi kotor.

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya tangki bahan bakar kendaraan segera dikuras oleh mekanik profesional di bengkel resmi.

ganti oli sendiri

Oli mesin mobil

Saat terjadi suatu proses pembakaran, karbon sisa-sisa hasil pembakaran bisa saja menempel di beberapa bagian mesin. Pada momen inilah fungsi oli sebagai pembersih akan bekerja.

Oleh karena itu, cairan yang satu ini punya peran vital mendukung kinerja mesin agar selalu optimal.

Jika selama ini oli mesin tidak di cek selama servis berkala, bisa-bisa mesin akan terganggu.

Jadi, segera pastikan apakah kamu selama ini sering melakukan pergantian oli mesin sesuai waktunya atau tidak.

gejala kerusakan knalpot

Kondisi knalpot

Tidak hanya komponen di dalam mesin saja yang perlu diberi perhatian lebih, knalpot pun juga tak harus dicek secara berkala.

Sisa-sisa pembakaran mesin atau asap dari mesin akan dibuang melalui knalpot. Namun, perlu diketahui bahwa knalpot merupakan komponen yang rentan mengalami keropos dan bocor.

Baca juga: BMW Astra Used Car Siapkan Rp 100 Miliar untuk Beli BMW Bekas

Jika hal tersebut terjadi, maka beresiko membuat tekanan pada sirkulasi gas buang berkurang dan mengganggu kinerja mesin, bahkan bisa membuat emisi gas buang menjadi meningkat.

tips harga jual mobil tinggi

Perawatan kendaraan secara berkala

Emisi gas buang erat kaitannya dengan kualitas sistem pembakaran pada mobil. Jika kualitas sistem pembakaran tidak dalam kondisi yang prima, maka akan berpengaruh ke emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Maka dari itu, kesadaran pemilik mobil dalam melakukan perawatan secara berkala sangat diperlukan.

Artinya, melakukan perawatan secara berkala tak hanya memberikan dampak yang baik pada mobil kesayanganmu saja, namun juga lingkungan. 

Mulai sekarang, yuk rawat mobilmu secara rutin demi menciptakan kualitas udara yang lebih sehat.

Tidak usah khawatir soal waktu, kini melakukan perawatan pada mobil lebih praktis dengan hadirnya layanan Booking Service dan Home Service Seva.id.

Atau, kamu juga bisa membeli mobil bekas berkualitas di Pilihan Expert Seva.id. Semua mobil yang tersedia pasti sudah dicek secara detail oleh mekanik profesional.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil, dijamin mulus. Rentang harga mobilnya juga beragam, mulai dari puluhan juta sampai dengan ratusan juta rupiah tersedia di Pilihan Expert.

Mau mobil bekas berkualitas? Langsung saja kunjungi Pilihan Expert Seva.id sekarang.

Pilihan Expert

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.