5 Cara Menghilangkan Jamur di Mobil Tanpa ke Salon

Menghilangkan jamur di mobil ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah loh! Bagaimana caranya?

Permukaan luar mobil seperti cat dan kaca mobil terpapar oleh berbagai hal seperti udara, debu dan kotoran, sinar matahari serta air hujan.

Hal tersebut menyebabkan permukaan mobil cepat kotor dan rentan terhadap jamur apabila tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu, bagian luar mobil harus rutin dicuci agar tetap bersih.

Baca juga: 6 Fakta Mobil Hybrid, Banyak Kelebihannya!

Namun, apabila sudah terlanjur ada jamur, bagaimana cara menghilangkan jamur di mobil?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jamur, kamu perlu tahu apa penyebab munculnya jamur pada mobil agar kamu dapat menghindari hal tersebut ke depannya.

Simak tipsnya berikut ini!

Penyebab munculnya jamur di mobil

1. Mencuci mobil saat kondisi terik

Mobil yang dicuci pada saat matahari terlalu panas dan terik akan menyebabkan bercak air lebih cepat kering dan dapat menimbulkan jamur terutama di bagian kaca mobil setelahnya.

Selain itu, kualitas air yang digunakan pada saat mencuci mobil juga bisa jadi pemicu munculnya jamur pada mobil. Misalnya air tanah yang mengandung kapur terlalu tinggi dapat membuat mobil lebih cepat kusam.

2. Mobil diparkir di area lembab

Terlalu sering memarkirkan mobil di area yang cenderung lembab dapat membuat kotoran dan debu menempel pada mobil. Kalau tidak segera dibersihkan berakibat munculnya jamur.

3. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang tak semakin menentu juga dapat berpengaruh terhadap kendaraan kita. Mobil yang terkena terik panas kemudian terpapar hujan deras dan cuaca dingin dapat memicu munculnya jamur.

Cara menghilangkan jamur di mobil

Namun, bagaimana kondisi permukaan cat atau kaca mobil sudah ada jamur? Tak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk menghilangkan jamur di mobil.

Apa saja? Berikut bahan yang bisa kamu manfaatkan dan cara menghilangkan jamur di mobil.

1. Pasta gigi

Pasta gigi dapat digunakan untuk menghilangkan jamur. Bersihkan mobil terlebih dahulu, lalu keringkan. Kemudian oleskan pasta gigi secara merata pada bagian mobil yang terdapat bercak jamur.

Baca juga: 6 Penyebab Ban Pecah Pada Mobil yang Wajib Dihindari

Tunggu hingga pasta gigi mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih dan lap dengan kain hingga kering.

merawat kaca mobil

2. Minuman bersoda

Minuman yang biasa kita konsumsi ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur. Caranya, bersihkan permukaan mobil dari kotoran dan debu menggunakan kain lap.

Kemudian basahi kain kering dengan minuman soda yang tidak mengandung gula. Lalu, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur, ulangi langkah tersebut hingga jamur hilang.

3. Alkohol

Apabila ingin menggunakan bahan kimia, kamu bisa menggunakan cairan alkohol dengan kadar 50 hingga 90 persen. Siapkan kain bersih dengan permukaan lembut dan kondisi yang bersih.

Baca juga: 8 Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol dan Cara Antisipasinya

Kocok alkohol kemudian tuangkan alkohol ke kain yang sudah disiapkan. Gosokkan kain pada permukaan mobil yang terdapat jamur hingga bersih. Gunakan kain bersih lain untuk membersihkan sisa alkohol.

4. Pemutih pakaian

Tak hanya dapat menghilangkan noda membandel, pemutih pakaian bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di permukaan mobil.

Pemakaiannya juga kurang lebih sama seperti cairan lainnya, yaitu dengan menuangkan ke kain bersih dan kering. Lalu, gosokkan ke bagian mobil yang berjamur hingga menghilang dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Mesin Mobil Kurang Bertenaga

5. Air tembakau

Terakhir, bahan yang bisa dimanfaatkan adalah air tembakau. Caranya, rendam segenggam tembakau kering dalam air bersih selama 15 menit. 

Sambil menunggu, bersihkan mobil dengan menggunakan air dan keringkan. Lalu, siram bagian mobil yang berjamur dengan air rendaman tembakau dan gosok menggunakan busa hingga bersih. Bilas dengan air dan keringkan dengan kain halus.

Baca juga: Memilih Cover Mobil yang Bagus dan Tidak Merusak Cat

Itu dia beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan jamur di mobil. Agar permukaan mobil tetap terjaga kondisinya, rutinlah membersihkan mobil dan mengeceknya di bengkel terdekat.

Kamu juga bisa menggunakan layanan Home Service dari Seva.id kalau ingin merawat mobil dari rumah aja.