5 Aplikasi untuk Menghitung Budget Pernikahan, Mudah Banget

Ingin menjalankan hubungan yang lebih serius? Aplikasi berikut ini bisa membantu kamu untuk menghitung budget pernikahan.

Menikah membutuhkan persiapan yang banyak, salah satunya adalah menghitung budget pernikahan. Mau mengadakan acara besar-besaran atau pun sekadar akad nikah sederhana, kamu harus hitung budget-nya.

Menghitung budget pernikahan dapat membuat kamu dan pasangan tahu apakah anggaran sudah sesuai dengan dana nikah yang sudah dipersiapkan atau tidak. Kamu dan pasangan juga bisa tahu mana budget yang perlu ditekan.

Agar lebih memudahkan untuk menghitung budget pernikahan, sejumlah aplikasi berikut dapat membantu kamu dan pasangan. Apa saja? Berikut daftarnya.

Finansialku

Dalam aplikasi keuangan ini, kamu bisa memanfaatkan fitur “Rencana Keuangan” dan memilih opsi dana pernikahan. Aplikasi ini bisa memberikan perkiraan berapa dana pernikahan yang perlu dipersiapkan.

Caranya, masukkan data diri kamu beserta pasangan, lalu masukkan perkiraan biaya sewa gedung, katering, dekorasi, dan sebagainya. 

Kemudian masukkan waktu berapa lama akan menikah, dana yang sudah ada, serta estimasi hasil investasi. 

Setelah itu, akan diberitahukan berapa dana yang harus dikumpulkan serta rekomendasi nominal investasi untuk bisa mendapatkan dana pernikahan.

Baca juga: Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Investasi Saham

Wedding Planner

Bagi yang ingin pernikahannya terencana dengan baik, bisa download aplikasi ini. Tak hanya bisa membantu menghitung budget pernikahan, tetapi juga mengatur budget-nya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar tentang apa saja yang harus dibeli atau dipersiapkan menjelang pernikahan. 

Meskipun kamu tidak menggunakan wedding organizer, kamu dapat merencanakan pernikahan sendiri tanpa melewatkan satu hal pun dengan bantuan aplikasi ini.

WeddingHappy

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menghitung budget pernikahan, yang mana kamu bisa tahu biaya yang sudah dibayar dan apa yang belum dibayarkan.

Kamu bisa membuat daftar rincian biayanya secara detail serta memasukkan tanggal tenggat waktu kamu harus melunasi biaya tersebut. Jadi, kamu tidak akan kelupaan untuk melunasi pembayaran pernikahan.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membuat to-do list yang harus dilakukan dalam persiapan pernikahan serta mengorganisir daftar tamu yang akan diundang.

Baca juga: Tips yang Bikin Kamu Mandiri Secara Finansial di Usia Muda

WedsDay

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk menghitung budget pernikahan adalah WedsDay. Di aplikasi ini kamu dapat menghitung, mengatur serta mengetahui budget yang tersisa.

Kamu dapat mengetahui berapa estimasi, biaya yang sudah ada, biaya yang sudah dibayarkan, dan berapa lagi yang harus dibayar untuk masing-masing keperluan.

Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencatat siapa saja tamu-tamu yang sudah diundang, mana yang belum diundang, dan yang sudah diundang tetapi tidak bisa hadir.

Hitched Wedding Planner

Sama seperti aplikasi wedding planner lainnya, di aplikasi ini kamu bisa membuat daftar checklist, mengatur budget, serta mengatur tamu undangan.

Di aplikasi ini, kamu dapat memisahkan rincian budget untuk acara akad dan resepsi pernikahan. Lalu di bagian atasnya juga tertera berapa nominal estimasi budget pernikahan serta budget keseluruhan yang sudah final.

Baca juga: Penting! Ini 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Bedanya aplikasi ini dengan yang lain, kamu juga bisa mendapatkan tips dan inspirasi seputar perencanaan pernikahan dan juga berdiskusi dengan orang lain.

Itulah lima aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung budget pernikahan. Rata-rata aplikasinya adalah wedding planner, jadi kamu dan pasangan tak perlu kebingungan lagi dalam mempersiapkan pernikahan. Selamat menempuh hidup baru!