4 Tips Cepat Beradaptasi Tinggal di Apartemen

02 April 2019

Pindah ke apartemen baru atau bahkan mungkin ini adalah apartemen pertama Anda, itu seperti memulai hubungan baru.  Anda mungkin akan merasa senang, gembira, dan mungkin sudah membayangkan bagaimana rasanya tinggal di apartemen baru. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui jika ingin tinggal dengan nyaman di apartemen.

 

Adaptasi ketika tinggal di apartemen perlu dilakukan agar Anda dapat tinggal dengan nyaman. Beberapa cara beradaptasi di apartemen yang harus Anda lakukan seperti:

 

Pastikan Anda tahu kewajiban yang harus dipenuhi

Salah satu cara beradaptasi di apartemen agar dapat tinggal dengan nyaman adalah pastikan Anda mengetahui kewajiban Anda di apartemen. Tinggal di apartemen berarti akan ada tanggung jawab yang harus Anda pikul. Anda perlu tahu kalau Anda akan menanggung biaya untuk air, gas, listrik, internet, telepon, dan semacamnya setiap bulan.

 

Anda juga perlu membayar uang sewa tiap bulan. Selain itu, Anda bertanggung jawab memenuhi kebutuhan sendiri untuk makanan. Jika Anda sharing apartemen bersama teman, Anda berdua perlu mengatur bagaimana agar tidak terjadi perselisihan. Sebaiknya, sebelumnya tentukan siapa yang melakukan tugas apa, kapan, dimana, dan bagaimana tentang tagihan dan tugas domestik. Ingat, tidak akan ada orang yang akan membantu Anda.

 

Pertimbangkan total biaya dan pengeluaran

Cara beradaptasi di apartemen agar dapat tinggal dengan nyaman adalah dengan pertimbangkan total biaya dan pengeluaran sebelum pindahan. Sebelum tinggal di apartemen, Anda tentu tidak ingin menyewa apartemen hanya karena kebebasan yang ditawarkan dan lalu tidak mampu membayar sewa.

 

Tentu Anda masih bisa menghubungi orang tua untuk menambahkan biaya sewa, tapi ketika usia semakin bertambah, bergantung pada keluarga atau teman untuk bantuan finansial bukan pengalaman yang menyenangkan.

 

Jadi penting untuk tahu di awal, apartemen Anda akan membutuhkan tambahan biaya dibanding pembayaran biaya bulanan normal. Anda perlu membayar deposit dan juga membeli furniture, alat bersih-bersih, serta keperluan pribadi.

 

Pikirkan jarak ke tempat kerja

Cara beradaptasi di apartemen dengan nyaman berikutnya adalah dengan memikirkan jarak ke tempat kerja. Pilihlah apartemen yang memang dekat dengan tempat Anda bekerja. Bila Anda bekerja, Anda tentu ingin dekat dengan lokasi kerja.

 

Untuk berjaga ketika bangun terlambat di pagi hari, Anda tak perlu tergesa karena kantor hanya berjarak beberapa menit dari apartemen Anda. Tapi pertimbangkan juga sarana transportasi yang tersedia. Bila punya mobil sendiri, tidak masalah. Bila harus menggunakan transportasi umum atau bergantung pada teman, Anda perlu memilih tempat yang nyaman untuk Anda berdua bertemu.

 

Tanaman dalam ruang

Salah satu cara beradaptasi di apartemen dengan nyaman adalah dengan cara memajang tanaman di apartemen. Taruh 1-2 tanaman pot di dalam ruang apartemen. Sebagian orang menghindari hal ini karena dianggap akan mempersempit ruang. Namun adanya tanaman dalam ruang sangat berguna untuk membuat udara tetap sejuk dan membuat tampilan apartemen tetap segar.

 

Anda bisa menempatkan tanaman pot pada rak dinding, di pinggir jendela, atau di sudut ruang sehingga tidak memakan tempat atau mengganggu aktivitas Anda. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak perlu disiram setiap hari, misalnya kaktus, lidah mertua, atau sirih gading.

 

Selanjutnya, menanam tanaman di dalam ruangan juga memiliki beberapa manfaat lho seperti memurnikan udara dan membantu tidur lebih nyenyak.

 

Nah, itulah 4 cara beradaptasi di apartemen yang bisa Anda lakukan ketika baru pindah di apartemen. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai apartemen, rumah dan info seputar dunia properti Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai layanan online terpercaya properti hingga otomotif hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang properti, apartemen, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

SHARE