4 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Mobil mogok tidak bisa distarter pastinya cukup menjengkelkan buat Anda. Apalagi ketika Anda sedang buru-buru dan harus pergi ke suatu tempat. Biasanya banyak sekali faktor yang menyebabkan mobil Anda jadi sulit untuk distarter atau mendadak mogok.

 

Kebanyakan orang berpendapat bahwa tersebut dikarenakan akinya yang bermasalah. Padahal, tidak selalu demikian. Ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil Anda mogok. Beberapa hal yang bisa jadi penyebab mobil mogok seperti:

 

Alternator yang Bermasalah

Salah satu faktor penyebab mobil mogok adalah alternator yang bermasalah. Tidak hanya aki yang rusak yang bisa menyebabkan mobil Anda tiba-tiba mogok. Kerusakan atau permasalahan pada alternator pun bisa jadi pemicunya. Pada dasarnya, alternator sangat penting karena berguna sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki. Jika penyuplainya rusak, tentu aki pun tidak bisa digunakan dan mesin mobil pun enggan menyala.

 

Selanjutnya, pastikan Anda mengecek sumber masalah penyebab mobil mogok sebelum mengganti aki mobil setelah mobil mogok. Jika memang masalah mobil mogok karena alternator, Anda bisa pergi ke bengkel.

 

Dinamo Starter

Faktor penyebab mobil mogok berikutnya adalah dinamo starter. Hal lain yang menyebabkan mobil mogok tidak bisa distarter adalah ketika dinamo starter mengalami kerusakan. Memang, biasanya, komponen ini jarang sekali rusak jika bukan karena usia mobil yang sudah lama atau karena pemakaian yang kurang ramah.

 

Cara yang bisa Anda tempuh ketika komponen dinamo rusak adalah dengan membenarkannya di bengkel. Namun jika Anda rutin merawat mobil termasuk akinya, kemungkinan kerusakan pun akan lebih kecil. Nah, beberapa komponen tersebut biasanya adalah hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda saat menghadapi kondisi mobil mogok tidak bisa distarter.

 

Ada baiknya Anda rajin dalam merawat kendaraan Anda. Meskipun usia kendaraan cukup lama namun perawatannya baik, maka kondisi mogok pada mobil Anda pun bisa jadi minim.

 

Aki Bermasalah

Salah satu penyebab mobil mogok berikutnya adalah aki bermasalah. Seringkali, aki ini dianggap sebagai faktor utama pencetus mogoknya mobil Anda. Memang, aki ini adalah bagian yang sangat penting dalam kendaraan, bisa dikatakan aki ini adalah otaknya dari kendaraan Anda.

 

Jika aki rusak tentunya mobil Anda pun pasti mogok dan sulit untuk dijalankan. Apalagi jika ketika aki sudah soak, namun terus dipaksakan, hal ini bisa memicu masalah lainnya yang akan terjadi pada komponen lain di mobil Anda. Saat mobil mogok, Anda harus memastikan apakah memang mobil mogok itu karena akinya yang rusak. Jika benar, tentunya Anda harus membeli aki baru.

 

Karburator Mobil

Faktor penyebab mobil mogok berikutnya adalah karburator mobil. Masalah pada karburator biasanya berkenaan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya proses yang terjadi saat pembakaran menjadi tidak bisa sempurna dan selanjutnya ketika Anda sedang menghidupkan (starter mobil) sulit untuk hidup.

 

Nah untuk memastikan kondisi karburator masih berfungsi dengan baik atau tidak cukup mudah. Anda bisa mempelajari cara kerja karburator mobil terlebih dahulu atau pun langsung melepaskan selang yang terhubung ke bagian karburator dan memasukkannya ke dalam botol. Lanjutkan dengan melakukan starter mobil.

 

Itulah beberapa faktor penyebab mobil mogok yang bisa kamu jadikan referensi saat mobil Anda sedang mogok. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya. Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.