4 Keuntungan Beli Mobil Secara Kredit

Apa saja sih keuntungan beli mobil yang bakal kamu dapatkan apabila membayar dengan cara kredit? Ini dia keuntungannya!

keuntungan beli mobil

Keuntungan beli mobil dengan cara kredit biasanya lebih banyak dibandingkan dengan membeli secara tunai. Hal tersebut membuat banyak orang yang lebih memilih membeli mobil secara kredit.

Sebab, mobil termasuk dalam barang mewah dan untuk membelinya membutuhkan uang yang tidak sedikit dan setiap orang punya budget yang berbeda-beda. Selain itu, butuh waktu lama untuk bisa melunasi pembayaran mobil.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Oleh karena itu, hadirnya pembayaran mobil secara kredit mempermudah konsumen yang ingin mewujudkan keinginannya memiliki mobil. 

Lantas, apa saja sih keuntungan beli mobil secara kredit? Berikut penjelasannya.

keuntungan beli mobil

Bisa langsung memiliki mobil

Keuntungan beli mobil secara kredit yang bisa langsung dirasakan adalah kamu bisa memiliki mobil dengan lebih cepat meski belum memiliki dana yang banyak. Hal ini cocok bagi calon pembeli yang hanya punya dana terbatas.

Apalagi mobil kini sudah menjadi kebutuhan penting untuk mempermudah mobilitas sehari-hari. Di sisi lain, harga mobil juga terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Persyaratan Kredit Mobil Baru Agar Cepat Disetujui

Jika membeli dengan tunai, tentunya harus menabung dengan jumlah yang lebih banyak dan butuh waktu lebih lama, mungkin 10 tahun lagi baru bisa beli mobil. 

Dengan membeli secara kredit, cukup dengan membayar uang muka atau DP (down payment) dan melengkapi persyaratan, kamu sudah bisa membawa pulang mobil impian.

keuntungan beli mobil

Terasa lebih ringan

Membeli mobil secara kredit juga terasa lebih ringan, sebab kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. 

Kamu bisa mencicil pembayaran mobil dengan dana yang lebih sedikit setiap bulannya dalam kurun waktu 1-5 tahun. 

Baca juga: Perbedaan Kredit Mobil Syariah dengan Kredit Konvensional

Selain itu, saat ini ada beberapa kredit mobil dengan penawaran seperti suku bunga yang lebih ringan, cicilan ringan tenor panjang sehingga akan lebih meringankan beban kamu melunasi cicilan mobil.

Membayar mobil dengan cara mencicil tentunya membuat kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya, bahkan bisa sambil menabung untuk keperluan lain seperti dana pensiun.

keuntungan beli mobil

Sudah dilengkapi asuransi

Keuntungan beli mobil secara kredit lainnya adalah asuransi yang langsung didapatkan secara gratis ketika kamu mengajukan kredit mobil. Jadi, meskipun mobil masih dalam masa pelunasan, mobil berada di bawah perlindungan asuransi.

Berbeda kalau beli mobil secara tunai, kamu perlu membeli asuransi secara terpisah dan memilih asuransi pun juga tak bisa sembarangan.

Baca juga: Kenapa Bisa Pengajuan Kredit Mobil Ditolak?

Namun, walau sudah mendapat asuransi saat mengajukan kredit, kamu tetap perlu memeriksa polis asuransi yang diberikan. Tujuannya untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan upgrade apabila membutuhkan benefit asuransi di luar yang sudah diberikan.

keuntungan beli mobil

Persyaratan yang mudah

Mengajukan kredit mobil ternyata membutuhkan persyaratan yang cukup mudah. Bagi yang sudah menikah, berikut dokumen yang perlu disiapkan untuk pengajuan kredit mobil:

  • Fotokopi KTP suami dan istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Slip gaji

Baca juga: Tips Kredit Mobil dengan Gaji UMR dan Tetap Bisa Nabung

Sedangkan untuk yang belum menikah dokumen yang perlu disiapkan di antaranya:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Slip gaji
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Selain beberapa keuntungan di atas, biasanya beli mobil secara kredit akan dapat bonus tambahan dari dealer seperti aksesoris, layanan servis gratis, cashback, hingga lucky dip atau grand prize.

Bagi yang berencana membeli mobil secara kredit, di Seva.id terdapat fitur Kalkulator Kredit di mana kamu bisa mendapatkan gambaran berapa cicilan yang perlu kamu bayarkan untuk membeli mobil baru.

Baca juga: Apa Itu Pre-Approval Kredit dan Kelebihannya?

Caranya pun sangat mudah, cukup masukkan merek dan tipe mobil yang diinginkan, kemudian besarnya uang muka, maka simulasi tenor cicilan pun akan langsung keluar.

Setelah mengetahui sejumlah keuntungan beli mobil secara kredit, apakah kamu jadi tertarik untuk melakukan pembelian mobil secara kredit?