4 Bandara Terunik di Indonesia yang Punya Fasilitas Mewah

Menunggu keberangkat pesawat sering menimbulkan rasa bosan. Untuk menghibur Anda, pengelola bandara menyediakan fasilitas lengkap dan terbilang unik, di antara seperti bandara di bawah ini.

Sebagai tempat berkumpulnya transportasi udara, bandar udara (bandara) juga menjadi salah satu tempat yang asik buat berwisata. Pasalnya, tak sedikit bandara di Indonesia yang menawarkan pemandangan indah sehingga Anda tak akan merasa bosan, terlebih saat pesawat mengalami keterlambatan.

 

Untuk mengusir rasa bosan sekaligus sebagai pembeda dari bandara lainnya, ada beberapa bandara yang menyediakan sentuhan berbeda, mulai dari fasilitas hingga desain arsitektur kebandaraan yang terbilang anti-mainstream dan tak kalah dari luar negeri.

 

Namun, mana sajakah bandara yang punya predikat sebagai bandara terunik di Indonesia itu?

Bandara Soekarno-Hatta

Sejak diresmikan pada tahun 2017 lalu, terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta memang banyak bebenah diri. Perbaikan yang dilakukan di sana-sini sukses mewujudkan Bandara Soetta, yang tak hanya sebagai tempat keberangkat, tetapi dapat juga disejajarkan dengan  bandara di luar negeri.

 

Terbukti, kini Terminal 3 Bandara Soetta tak hanya sekadar tempat transit dan turun naik pesawat saja. Terminal 3 disulap sebagai tempat pameran dengan beberapa pajangan mural yang unik.

 

Baca juga: Simpel, Ini Cara Packing Banyak Barang Saat Liburan

 

Di sana terpasang berbagai ornamen-ornamen lokal yang menunjukkan kearifan budaya Indonesia kepada para turis datang. Anda bisa sekadar menikmati mural yang ada dan bahkan berfoto di antara mural tersebut.

 

Selain itu, Bandara Soetta juga sudah memiliki skytrain yang menghubungkan terminal 1, 2, 3. Dengan fasilitas skytrain ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil menunjukkan kesan modern berkat kemudahan transportasi di sekitar bandara yang disediakan.

 

Bandara Ahmad Yani

Dengan mengusung tema eco airport, Bandara Ahmad Yani, Semarang, menjadi bandara pertama di Indonesia yang berdiri di atas air (floating airport). Lokasi bandara yang memang berada di sekitar rawa membuat PT Angkasa Pura II mempertahankan stabilitas alam dengan tidak menghilangkan unsur rawa yang ada.

 

Karena keunikan alam yang tetap dipertahankan itu, Bandara Ahmad Yani pun berhasil menghadirkan fasilitas yang terbilang unik. Salah satunya seperti taman di atas air yang terintegrasi langsung dengan fasilitas lain yang ada di bandara.

 

Di taman ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dan asri di sekitar bandara dengan sekadar duduk-duduk untuk menghirup udara segar sambil menunggu waktu keberangkatan pesawat tiba.

Bandara Sepinggan

Bila Bandara Ahmad Yani mengusung konsep eco airport, Bandara Sepinggan lebih mengedepankan modernisasi dan life style. Bandara yang mengedepankan kenyamanan penumpang, menghadirkan nuansa perjalanan yang mewah dan megah layaknya Changi Airport, Singapura.

 

Tema one stop and entertainment yang diterapkan dapat memanjakan Anda saat memulai perjalanan di bandara ini. Di sini, Anda bisa menikmati fasilitas Bandara yang terbilang lengkap dan berbeda dari bandara lainnya, yaitu food court, boutique hingga bioskop seperti di mal.

Bandara I Gusti Ngurah Rai

Sebagai tempat yang paling ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan, Bali kerap menawarkan pesona yang luar biasa. Entah dari pemandangan alam yang disediakan hingga fasilitas transportasi yang cukup lengkap dan unik.

 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Check Out dari Hotel

 

Salah satunya seperti di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Bandara yang menjadi pintu gerbang pertama menuju Pulau Dewata dikenal sebagai bandara yang support internetnya paling kencang. Selain itu, lokasi bandara yang berada dekat dengan pantai pun berhasil menghadirkan fasilitas pelabuhan mini yang menyegarkan mata.

 

Dari fasilitas pelabuhan mini yang disediakan tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai disebut sebagai bandara terunik di Indonesia sekaligus menjadi Bandara Internasional terbaik ke-3 di dunia yang dinobatkan oleh Dewan Bandara Internasional (Airport Council International/ACI).

 

Kelengkapan fasilitas yang ada di setiap bandara terunik di Indonesia di atas pun menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan perbaikan di setiap bandara agar memberikan pelayanan yang memuaskan kepada seluruh konsumennya.

 

Namun, dari ketiga bandara tersebut, menurut Anda manakah yang paling unik?