Search Cars

Keuangan

3 Pengeluaran yang Bisa Dipangkas untuk Mengoptimalkan THR

Jumlah dan turunnya THR masih belum jelas? Jangan khawatir, ini 3 pengeluaran yang bisa dipangkas untuk mengoptimalkannya.

mengoptimalkan THR

Selain bonus tahunan, tidak dapat dipungkiri, Tunjangan Hari Raya atau THR adalah tambahan dana segar bagi pundi-pundi keuangan yang paling ditunggu kehadirannya di rekening.

Dikutip dari kompas.com, Kementerian Ketenagakerjaan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan kepada para pengusaha untuk membayarkan THR tepat waktu, yakni paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

“Pengusaha yang terlambat membayar THR Keagamaan kepada pekerja/buruh dikenai denda, sedangkan pengusaha yang tidak membayar THR dapat dikenai sanksi administratif hingga penghentian sebagian usaha,” tuturnya.

Baca juga: THR Bisa Lebih Bermanfaat dan Menghasilkan Saat Tidak Mudik

Sayangnya, akibat pandemi virus corona di Indonesia, beberapa perusahaan harus merugi karena ditutupnya kantor serta lini bisnis mereka.

Hal ini menjadi sebuah kekhawatiran bagi karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

THR pasti dibayarkan oleh perusahaan, tapi jumlahnya bisa jadi tidak seperti tahun lalu. Ada juga perusahaan yang membayarkan THR setengah jumlah saat Lebaran dan setengah lagi dibayarkan di akhir tahun.

Bagi kamu yang mengalami hal seperti itu tidak perlu bersedih, ini 3 pengeluaran yang bisa dipangkas untuk mengoptimalkan THR.

Tidak mudik

Pemerintah secara resmi sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudik pada Lebaran 2020.

Dengan tidak mudik, uang THR bisa kamu alihkan ke berbagai hal. Salah satunya adalah mencoba usaha baru seperti yang sedang marak di tengah pandemi adalah antar barang atau katering.

Hal ini penting untuk kamu bila bekerja di perusahaan yang mulai krisis akibat pandemi virus corona.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Kangen Kampung Halaman Saat Tidak Mudik

tips belanja oleh-oleh

Belanja baju

Karena di rumah saja, untuk mengoptimalkan THR, kamu tidak perlu belanja baju baru seperti Lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Lagi pula, beberapa pusat perbelanjaan juga menghentikan sejenak operasinya karena ada himbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Nah, dana belanja baju baru ini bisa kamu gunakan untuk menambah jumlah tabungan darurat.

Baca juga: Tips Mengatur Dana Darurat Selama Masa PSBB, yuk Berhemat!

hukum silaturahim online

Open house

Lebaran di saat normal, tidak jauh dari open house, di mana keluarga, tetangga, dan teman akan datang ke rumah untuk merayakannya.

Berhubung pemerintah juga sudah menghimbau agar silaturahim dilakukan secara online, dana belanja kue kering hingga masak besar ini bisa dialihkan untuk mengoptimalkan THR.

Kamu cukup beli kue kering dan memasak untuk keluarga di rumah dengan porsi yang sewajarnya.

Supaya lebih bermanfaat, kamu juga bisa gunakan uang ini untuk berinvestasi atau membantu sesama yang lebih membutuhkan lewat amal dan zakat.

Baca juga: Tidak Mudik, Ini Makanan Khas Lebaran yang Bisa Disiapkan di Rumah

Itu tadi 3 pengeluaran yang bisa dipangkas untuk mengoptimalkan THR.

Berhemat, banyak menabung, dan berinvestasi merupakan sebuah langkah serta pilihan bijak di saat seperti ini.

Untuk kamu yang terkena dampak pemotongan THR saat ini diharapkan tetap bekerja dengan penuh semangat sambil berdoa badai pandemi virus corona ini cepat berlalu.

Ingat, tidak ada yang sia-sia dari kerja keras yang selalu diiringi dengan doa. Semoga keadaan cepat membaik dan semua kembali seperti sediakala.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.