Search Cars

Travel & Lifestyle

3 Destinasi Liburan Perayaan Imlek yang Meriah di Indonesia

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia. Tahun ini Imlek akan jatuh pada hari Selasa 5 Februari 2019.

 

Jika Anda mengambil cuti, berikut adalah destinasi liburan Imlek yang meriah di Indonesia. Jangan lupa dimasukkan dalam destinasi liburan Anda tahun ini dan segera pesan tiketnya.

 

Singkawang

Berjarak sekitar 145 kilometer utara Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Singkawang adalah salah satu destinasi liburan Imlek.

 

Destinasi yang populer di sini adalah perayaan Cap Go Meh. Perayaan Cap Go Meh merupakan penutupan Tahun Baru Tiongkok dan di Singkawang, di mana budaya Tiongkok dan Dayak berakulturasi, perayaan ini digelar besar-besaran setiap tahunnya.

 

Dijuluki Kota Seribu Kelenteng, yang membuat perayaan Cap Go Meh di Singkawang menarik selain karena keberadaan arak-arakan naga dan barongsai, terdapat juga atraksi Tatung atau manusia yang dirasuki dewa-dewa Tiongkok.  Tatung dalam perayaan ini jumlahnya ratusan serta datang dari berbagai pelosok Kalimantan.

 

Selain ada juga parade kendaraan hias dan nikmatilah keindahan di malam hari dengan aneka lampion di sepanjang jalan. Cap Go Meh Singkawang pernah disebut-sebut sebagai Festival Budaya paling kolosal di Asia Tenggara.

Palembang

Selain terkenal dengan pempeknya, Palembang juga mempunyai potensi wisata yang tidak kalah dengan kota lainnya di Sumatera, salah satunya Pulau Kemaro.

 

Terletak enam kilometer dari Jembatan Ampera, untuk sampai di Pulau Kemaro masyarakat biasanya menggunakan kapal motor sewaan di dermaga yang ada di sekitar jembatan.

 

Pulau Kemaro merupakan delta Sungai Musi, luasnya sekitar 30 hektar dan hanya dihuni oleh ratusan orang saja. Terdapat berbagai situs yang bisa dikunjungi perhatian untuk jadi destinasi liburan imlek, namun Pagoda Pulau Kemaro adalah ikon pulau ini.

 

Ada sebuah kisah cinta legendaris yang di Pulau Kemaro. Kisah cinta pedagang Tiongkok Tan Bun An dan putri raja yang bernama Siti Fatimah yang tertulis di samping Klenteng Hok Tjing Rio. Oleh sebab itu, banyak warga Tionghoa yang datang ke tempat ini untuk berdoa. Salah satunya, mereka berdoa untuk meminta jodoh.

Semarang

Masyarakat Semarang yang multikultur mewariskan ikon-ikon yang beragam. Salah satunya adalah klenteng Sam Poo Kong.

 

Kelenteng megah ini berhubungan erat dengan Laksamana Cheng Ho dari China. Sejarah menyebutkan bahwa Cheng Ho pernah menetap di sini dan mendirikan tempat semedi di sebuah bukit berbatu.

 

Setelah Cheng Ho pergi, tempat tersebut dijadikan lokasi untuk memuja sang laksamana. Karena bentuknya menyerupai rumah Tiongkok, warga mengira bangunan ini adalah kelenteng, padahal Laksamana Cheng Ho adalah penganut Islam. Kini Sam Poo Kong merupakan kelenteng terluas di Indonesia.

 

Selain itu juga, ada setidaknya sepuluh kelenteng di daerah Pecinan Semarang yang memeriahkan acara perayaan Imlek di kota Semarang. Kelenteng tertua bernama Tay Kak Sie. Kelenteng yang terbesar bernama Wie Wie Kong.

 

Ditambah lagi dengan adanya Pasar Imlek Semawis, yang turut memeriahkan perayaan Imlek.

Jangan lupa, selagi Anda berada di destinasi liburan Imlek tersebut, kunjungi juga tempat lainnya dan coba kuliner khas setempat.

 

Daripada bingung, mending sewa mobil pakai Movic saja saat liburan.

 

Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver. Driver juga pengalaman dan bisa jadi pemandu, sehingga tahu tempat-tempat wisata dan kuliner yang hits! Praktis bukan?

 

Tunggu apalagi, segera download Movic!

movic

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.