Search Cars

Tips & Rekomendasi

10 Tips Ramadan Hemat Biar Bisa Mudik Nyaman Saat Lebaran

Apa saja tips Ramadan yang bisa dilakukan agar pengeluaran tidak sampai berlebihan atau bahkan boros? Yuk, cari tahu sekarang!

tips ramadan

Melakukan tips Ramadan agar tetap hemat ternyata mudah untuk dilakukan agar kondisi keuangan tetap terjaga. Hal ini merupakan situasi yang cukup sering terjadi, apalagi pada saat bulan Ramadan akan ada banyak undangan buka bersama. 

Jika setiap undangan buka bersama dilakukan, tentunya bisa membuat kondisi keuangan menjadi bocor. Apalagi jika undangan buka bersama dilakukan di tempat-tempat yang mewah, pastinya pengeluaran menjadi tidak terkontrol. 

Agar hal tersebut tidak terjadi dan mudik nyaman tetap bisa dilakukan, yuk lakukan beberapa tips Ramadan berikut ini:

tips ramadan

Tips Ramadan anti boros 

Salah satu tips Ramadan yang bisa dilakukan adalah dengan mencari uang tambahan, misalnya saja dengan berjualan. Apa saja ide jualan yang bisa dipilih? 

Berjualan kue kering

Tips Ramadan yang bisa dilakukan agar bisa tetap hemat adalah berjualan kue kering yang identik dengan Lebaran. Jualan kue kering ini bisa menjadi pilihan untuk menyambut Lebaran 2023 karena peminat kue jenis ini tidak pernah surut menjelang hari besar umat Islam tersebut. 

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan yang Gajinya Bisa Buat Beli Mobil Impian

Namun perlu diperhatikan juga, ide untuk jual kue kering ini harus dibarengi juga dengan kualitas yang mumpuni. Bagi penjual besar atau pabrikan, mungkin kualitasnya sudah tidak perlu diragukan tetapi bagi para pelaku UMKM hal ini menjadi sesuatu yang penting. 

Jualan ketupat

ketupat

Ketupat identik dengan Hari Raya Idulfitri dan hampir ditemukan di setiap rumah pada saat momen tersebut. Ini bisa menjadi ide bisnis menjelang Lebaran 2023 karena tentunya tidak semua orang bisa membuat ketupat sendiri di rumahnya. 

Baca juga: Dunia Terancam Resesi, Ini Cara Berinvestasi Bagi Pemula

Entah itu karena tidak bisa membuatnya atau juga tidak sempat membuatnya sendiri. Selain itu, ketupat juga bisa menjadi rekomendasi buat yang ingin memberi buah tangan atau oleh-oleh kepada sanak saudara di Hari Raya Idulfitri. 

Menjual opor ayam

opor ayam

Salah satu hidangan yang juga identik dengan Hari Raya Idulfitri adalah opor ayam. Biasanya para keluarga di Indonesia membuat hidangan ini dalam jumlah besar untuk dimakan bersama keluarga besar. 

Untuk itu, ide bisnis menjual opor ayam bisa menjadi pilihan pada saat Lebaran 2023. Dalam menjalankan usaha ini, penjual bisa menggunakan sistem pre order (PO) yang nantinya bisa dikirimkan pada waktu-waktu tertentu sebelum Lebaran 2023. 

Apa itu Teman Seva?

Selain berjualan, kamu juga bisa mendaftar sebagai Teman SEVA. Ini merupakan program referral dari SEVA untuk teman-teman yang menginginkan tambahan uang bulanan mulai dari 1 Juta hingga 2,5 Juta per mobil yang berhasil dijual.

Cara mendaftar?

apa itu SEVA?
  1. Kunjungi bit.ly/DaftarTemanSEVA dan isi form registrasi Teman SEVA 
  2. Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan. 
  3. Kamu tinggal menunggu pesan balasan yang berisikan link bit.ly/BelimobildiTemanSEVA untuk mendaftarkan teman atau keluarga yang ingin membeli kendaraan melalui SEVA.

Syarat yang dibutuhkan

Setelah mengetahui cara ikutan serta langkah-langkah untuk mendaftar Teman SEVA jangan lupa untuk segera melakukan registrasi. Untuk melakukannya, kamu harus mengisi nomor handphone serta data diri. 

Bagaimana, apakah kamu mau mendapatkan uang tambahan menjelang Lebaran 2023 nanti? Dijamin kamu bisa tetap merasakan mudik nyaman di Hari Raya Idulfitri. 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.