10 Tempat Menarik di Geopark Ciletuh yang Sayang Untuk Dilewatkan

Keistimewaan pesona alam yang ditawarkan Geopark Ciletuh mulai diminati wisatawan. Penasaran apa aja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Geopark CiletuhGeopark Ciletuh menyimpan pesona alam yang istimewa. Dengan luas 128 ribu hektar dan mencakup delapan kecamatan di wilayah Sukabumi, Geopark Ciletuh memiliki ragam destinasi wisata alam dari mulai pantai, bukit, hingga air terjun yang tentunya akan menyejukkan mata.

 

Pesona alamnya yang luar biasa membuat Geopark Ciletuh telah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark pada April lalu.

 

Berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Geopark Ciletuh memiliki konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya melalui prinsip konservasi dan edukasi. Keberagaman alam yang masih sangat asri dan belum tersentuh teknologi menjadikannya daya tarik tersendiri.

 

Lalu, ada apa saja di kawasan Geopark Ciletuh? Ini dia 10 destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang sayang untuk kamu lewatkan.

 

  1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung genteng adalah daerah pesisir yang terletak di semenanjung barat daya pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Selain bisa menikmati ombak, disini kamu juga bisa bersantai sambil menunggu sunset yang indah kala senja datang.

 

Baca juga: Catat, Ini Tempat Wisata di Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

 

Keindahan pantai selatan Jawa Barat yang memiliki hamparan pasir putih indah ini juga membuat banyak pasangan melakukan sesi foto prewedding disini. Dengan segala keindahan alam yang ditawarkan Pantai Ujung Genteng, rasanya sayang jika kamu melewatkan tempat ini saat berkunjung ke Geopark Ciletuh.

 

  1. Muara Cipanarikan

Meski butuh tenaga dan usaha keras untuk bisa sampai di muara ini, dijamin semuanya akan terbayarkan. Kamu akan dibuat kagum dengan pasir putih bersih  yang terhampar di bibir pantai yang lebar, serta cantiknya air muara yang berwarna hijau. Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati romantisya suasana Muara Cipanarikan saat senja.

 

  1. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan terkenal dengan alamnya yang masih asri, membuat siapa saja terpesona dengannya. Bukan cuma pemandangannya, keberadaan penyu hijau yang bersarang dan bertelur di pantai ini juga menjadi salah satu alasan kenapa kamu wajib banget berlibur di Pantai Pangumbahan.

 

Tapi ingat, penyunya jangan diganggu, ya. Selain bersantai, kamu juga bisa surfing di pantai ini. Pastinya akan bikin liburan kamu makin seru.

 

  1. Bukit Teletubbies, Ujung Genteng

Kalau waktu kecil kamu suka nonton Teletubbies, pasti pernah lihat bukit hijau yang sering dijadikan tempat bermain oleh para Teletubbies, kan? Nah, Indonesia ternyata punya bukit yang mirip dengan yang ada di serial itu, dan membuat bukit ini dinamai Bukit Teletubbies.

 

Baca juga: 5 Destinasi Touring Populer Dekat dari Jakarta

 

Kalau kamu mencari ketenangan, bukit ini mungkin cocok untuk kamu kunjungi. Nikmatnya hembusan angin yang sejuk dan bebas dari polusi, serta hamparan bukit hijau yang menyejukkan mata, akan memanjakan kamu saat berada disana.

 

Bukit Teletubbies berlokasi di Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, hanya beberapa kilometer dari titik utama wisata Pantai Ujung Genteng.

 

  1. Puncak Darma

Puncak Darma akan menyajikan pemandangan Geopark Ciletuh dari ketinggian. Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan pantai dan samudera yang luas, serta hutan dan air terjun di sisi lainnya. Tentu saja siapapun akan terpana dengan pemandangan yang ditawarkan oleh puncak ini.

 

Panorama alam yang ini tidak akan bisa didapatkan di ibu kota. Bayangkan, kamu bisa menikmati birunya pantai dan samudera, hamparan hutan dan sawah yang hijau, hingga pemandangan air terjun dan aliran air sungai, serta cantiknya sunset dari puncak ini.

 

  1. Puncak Tugu

Pemandangan sejumlah curug, tebing dan hutan bisa kamu nikmati dari Puncak Tugu. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat Puncak Tugu menjadi hits belakangan ini. Nah, kalau kamu sedang mencari tempat berlibur yang menawarkan suasana romantis, Puncak Tugu ini cocok buat kamu.

 

Disana terdapat panggung kecil yang terbuat dari bambu yang membentuk tulisan ‘I LOVE U’. Lalu, panggung kecil ini juga menghadap langsung ke cantiknya hamparan tebing dan pegunungan hijau. Pemandangan sunrise dan sunset juga bisa kamu nikmati di puncak ini. Kalau kamu berminat untuk bermalam disini, kamu bisa menyewa tenda juga, lho!

 

  1. Kesepuhan Ciptagelar

Tertarik dengan wisata edukasi? Geopark Ciletuh punya Kesepuhan Ciptagelar. Berlokasi di kaki gunung Halimun, disini kamu bisa mendalami budaya dan tradisi Sunda yang masih sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Rumah-rumah yang ada di kampung adat ini pun masih mempertahankan bentuk bangunan tradisional.

 

Baca juga: Pesona Mamuju, Daerah yang Pernah Diusulkan Menjadi Ibu Kota Indonesia

 

Bila kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan beberapa upacara adat yang diselenggarakan di hari-hari tertentu.

 

  1. Curug Puncak Manik

Menjadi curug tertinggi yang ada di Geopark Ciletuh, Curug Puncak Manik menawarkan pesona yang istimewa. Kamu akan ditemani oleh suara deburan air yang sangat deras, ditambah dengan cantiknya pelangi yang bermuara di curug ini, serta indahnya tebing-tebing yang diselimuti tetumbuhan hijau.

 

Mata kamu juga akan dimanjakan saat dalam perjalanan menuju Curug Puncak Manik, mulai dari hijaunya sawah hingga lika-liku aliran sungai yang cantik.

 

  1. Curug Awang

Menjadi curug terbesar di Geopark Ciletuh, Curug Awang sering dijuluki sebagai Niagara Mini. Jika debit airnya sedang meningkat, curug ini akan menyuguhkan pemandangan bak tirai air yang menakjubkan. Namun, jika debit airnya tidak cukup tinggi, pemandangan yang ditawarkan di Curug Awang ini akan tetap eksotis dan menawan.

 

Tak hanya itu, susunan bebatuan yang indah juga menjadi daya tarik Curug Awang. Karena keindahan dan keunikannya, Curug Awang menjadi trademark dari Geopark Ciletuh.

 

  1. Curug Cigangsa

Curug CIgangsa ini punya keunikan, yaitu memiliki tiga level tingkatan curug. Berkat tiga level tingkatan yang dimilikinya, membuat air yang mengalir di curug ini terlihat seperti ‘meleleh’. Tetumbuhan hijau yang melekat pada tebing-tebing di sekitarnya membuat pesona Curug Cigangsa menjadi lebih eksotis.

 

Meski berlokasi di Kabupaten Sukabumi, kamu tidak perlu khawatir soal transportasi. Sejalan punya rute Jakarta-Bandung lalu Bandung-Sukabumi. Jadi, kalau kamu mau berkunjung ke Geopark Ciletuh, langsung saja gunakan Sejalan ya. Untuk info lebih lengkap, yuk cari tahu di aplikasi Sejalan sekarang!