10 Mata Uang Termahal di Dunia, Dolar AS di Posisi Mana?

Mata uang termahal kira-kira dimiliki oleh negara mana saja ya? 10 di antaranya ada di negara ini.

Jika ditanya apa mata uang termahal di dunia, mungkin sebagian besar orang menganggap mata uang Pound sterling adalah yang termahal.

Namun, ternyata masih ada sejumlah mata uang yang lebih mahal dibanding Pound sterling lho! Lantas, apa saja mata uang termahal di dunia? Lalu, apakah dolar Amerika Serikat (AS) juga termasuk dalam daftar ini?

Berikut daftar 10 mata uang termahal di dunia beserta nilai tukarnya dengan rupiah (IDR).

1. Dinar Kuwait

Posisi puncak mata uang termahal di dunia ditempati oleh dinar Kuwait (KWD). Nilainya terhadap dolar AS adalah US$ 3,33 sedangkan terhadap mata uang rupiah nilainya adalah Rp 47.447 per 1 KWD.

Negara yang berada di Timur Tengah ini bisa memiliki kurs mata uang tinggi karena ekspor minyak ke pasar global. 80% pendapatan dari Kuwait berasal dari industri minyak yang berkembang.

Baca juga: 3 Alasan Suatu Negara Tidak Mencetak Uang Sebanyak-banyaknya

2. Dinar Bahrain

Setelah dinar Kuwait, ada dinar Bahrain yang menduduki posisi kedua mata uang termahal di dunia. 1 dinar Bahrain (BHD) setara dengan Rp 37.848 atau US$ 2,65.

Bahrain juga merupakan negara penghasil minyak terbesar setelah Kuwait sehingga kurs mata uangnya bisa tinggi. Negara kepulauan di Timur Tengah ini memiliki populasi penduduk sekitar 1 juta orang.

3. Riyal Oman

Posisi ketiga masih ditempati oleh mata uang salah satu negara di Timur Tengah, yaitu Riyal Oman. 1 Riyal Oman (OMR) nilainya bisa mencapai US$ 2,6 atau sekitar Rp 37.070.

Tingginya nilai mata uang ini membuat pemerintah dan bank sentral Oman harus mengeluarkan uang ¼ dan ½ riyal supaya bisa mengakomodasi transaksi bernilai kecil.

Baca juga: Kenapa Nilai Mata Uang Selalu Berubah? Berikut Alasannya

4. Dinar Yordania

Mata uang dinar lainnya yang termasuk mata uang termahal di dunia adalah milik Yordania. 1 dinar Yordania (JOD) memiliki nilai tukar mencapai US$ 1,41 atau sama dengan Rp 20.121.

Meski memiliki nilai mata uang yang tinggi, tetapi perekonomian Yordania sebenarnya tidak terlalu berkembang dan negara ini bukanlah penghasil minyak.

5. Pound sterling Inggris

Barulah mata uang Pound sterling berada di posisi kelima mata uang termahal di dunia. Nilai tukar 1 GBP terhadap dolar AS adalah US$ 1,38, sedangkan terhadap mata uang dalam negeri adalah Rp 19.735.

Inggris tidak menggunakan mata uang euro walaupun berada di Eropa. Alasannya karena tidak ingin kebijakan moneternya diambil alih oleh Uni Eropa.

Baca juga: Fintech Adalah Solusi Keuangan Masa Kini, Benarkah Begitu?

6. Dolar Kepulauan Cayman

Di posisi keenam mata uang termahal di dunia diduduki oleh dolar Kepulauan Cayman (KYD). 1 KYD nilainya mencapai Rp 17.166 atau sekitar US$ 1,2.

Kepulauan Cayman dikenal sebagai surga pajak dunia dan pemberi lisensi untuk ratusan bank dan perusahaan asuransi. Orang kaya dan perusahaan-perusahaan besar di dunia pun menempatkan uangnya di negara ini.

7. Euro Uni Eropa

Euro yang menempati posisi ketujuh mata uang termahal merupakan salah satu mata uang utama di dunia. Nilai tukar 1 euro adalah US$ 1,9 atau sekitar Rp 16.941.

Mata uang Uni Eropa ini juga merupakan cadangan mata uang di dunia dengan cakupan 22,2% dari tabungan dunia. Euro digunakan di 19 negara Uni Eropa dan tidak digunakan di negara seperti Inggris, Denmark, dan Swedia.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Inklusi Keuangan dan Manfaatnya

8. Franc Swiss

Franc Swiss (CHF) menjadi mata uang termahal ke-8 di dunia dengan nilai tukar terhadap rupiah sebesar Rp 15.604 atau sama dengan US$ 1,09 per 1 CHF.

Swiss dikenal sebagai negara sistem perbankan yang baik karena kerahasiaan banknya terjaga dengan ketat dan sangat tegas. Negara ini juga tergolong negara yang stabil.

9. Dolar Amerika Serikat

Dolar AS menempati posisi ke-9 mata uang termahal di dunia. Nilai tukarnya dengan rupiah saat ini adalah Rp 14.266. 

Di berbagai negara di dunia, mata uang ini telah dijadikan sebagai alat pembayaran untuk kegiatan ekspor dan impor. Bahkan mendominasi cadangan uang dunia lebih dari 62%.

10, Dolar Kanada

Mata uang termahal di dunia di posisi ke-10 ditempati oleh dolar Kanada (CAD). 1 CAD kalau dirupiahkan nilainya sebesar Rp 11.364, tidak jauh berbeda dengan dolar AS. Dolar Kanada juga temasuk negara dengan cadangan mata uang kelima di dunia.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Untuk Pemula, Bisa Cuan dan Minim Risiko

Nah, dari daftar mata uang termahal di dunia ini rata-rata berasal dari negara yang perekonomiannya stabil dan juga memiliki dampak bagi keuangan dunia. 

Kira-kira ada yang ingin mengoleksi 10 mata uang termahal ini tidak?