Search Cars

#NostalgiaMobilTua

10 Fitur Mobil Paling Berguna Di Indonesia

Mobil masa kini dijejali beragam fitur yang memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Berikut fitur mobil paling berguna di Indonesia.

fitur mobil paling berguna

Fitur pada sebuah mobil, baik hiburan, teknologi, keamanan, hingga keselamatan merupakan pertimbangan yang penting ketika Anda membeli sebuah mobil.

 

Umumnya, mobil masa kini sudah dibekali fitur standar seperti AC, audio, power windor, power door lock, power steering, rear camera, spion elektrik, dan airbag.

 

Ada juga mobil yang memiliki fitur lebih advance seperti park assist yang memungkinkan mobil untuk bisa parkir secara otomatis, vehicle stability control, atau hill start assist.

 

Baca juga: 6 Fitur Canggih di Mobil yang Jarang Digunakan

 

Namun apa semua fitur tersebut berguna untuk Anda? Pastinya! Semua fitur yang dibenamkan dalam sebuah mobil memang ditujukan untuk memudahkan sekaligus memanjakan Anda, baik sebagai penumpang mau pun pengemudi.

 

Nah, berikut adalah fitur mobil paling berguna di Indonesia.

Review BMW Seri 3

Transmisi otomatis

Transmisi otomatis bisa dibilang adalah fitur mobil paling berguna di Indonesia, terutama jika Anda memiliki mobilitas tinggi di kota besar yang rentan dengan kemacetan.

 

Dengan transmisi otomatis, Anda tidak cepat lelah ketika mengemudi, bahkan di tengah kemacetan sekalipun.

 

Baca juga: Kenapa Tuas Transmisi Otomatis di Mobil Dibuat Berliku?

 

Transmisi otomatis pada mobil masa kini pun dibekali fitur pintar, misalnya mampu mengoptimalkan performa serta konsumsi BBM.

fitur mobil paling berguna

Rem ABS

Belakangan, rem ABS (Anti-lock Braking System) sudah menjadi fitur keamanan dan keselamatan yang wajib di tiap mobil.

 

Mungkin beberapa masyarakat Indonesia pernah mendengar tentang rem ABS. Namun, sedikit yang mengetahui fungsi dan cara kerja rem ABS tersebut.

 

Secara garis besar, fitur ini bertugas mencegah efek ban terkunci saat saat pengemudi mengerem secara mendadak.

 

Baca juga: 4 Hal Penyebab Sistem Rem ABS Mobil Tidak Bekerja Maksimal

 

Efeknya adalah pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan di permukaan jalan licin, maupun di kondisi saat mengerem hingga posisi diam.

 

Dengan ABS, Anda tetap bisa mengerem dengan optimal dan aman di jalan yang basah dan licin, khususnya saat musim hujan.

Fog lamp

Fog lamp atau lampu kabut kini telah menjadi fitur standar yang ada di mobil.

 

Sesuai dengan namanya, fungsi utamanya adalah untuk menambah visibilitas pengemudi kala menembus kabut. Tidak hanya itu, saat hujan lebat, fog lamp pun dapat digunakan untuk menambah jarak pandang ke depan.

 

Waktu yang tepat untuk menyalakannya saat jalanan sedang berkabut, atau sedang hujan lebat terlebih di malam hari, atau siang hari. Hal ini karena sorotan fog lamp cenderung melebar daripada sorot cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.

 

Baca juga: Pasang Fog Lamp Dapat Dilakukan Sendiri, tapi Ada Aturannya

 

Fog lamp sendiri ada dua jenis, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang).

 

Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

 

Jadi, fog lamp pun dapat membantu pengemudi lain untuk mendeteksi maupun mengetahui keberadaan mobil Anda baik saat berkabut maupun hujan lebat.

Airbag

Merupakan fitur keselamatan standar selain sabuk pengaman yang ada di mobil masa kini, airbag ini berfungsi untuk mengurangi terjadinya benturan pengemudi serta penumpang jika terjadi kecelakaan.

 

Secara otomatis airbag ini akan mengembang jika mobil mengalami benturan keras, baik itu menabrak atau ditabrak oleh mobil lain.

 

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Airbag yang Perlu Diketahui

 

Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Umumnya airbag ini berada di dashboard bagian penumpang dan bagian setir untuk pengemudi.

 

Namun kini ada juga curtain airbag yang memanjang di sisi mobil dari depan hingga belakang, side airbag yang ada di sisi luar jok bagian depan, hingga knee airbag untuk melindungi kaki penumpang dan pengemudi yang letaknya di bawah dashboard.

fitur mobil paling berguna

AC double blower

Untuk mobil MPV atau SUV dengan tiga baris jok, selain pengatur suhu di bagian depan, Anda disarankan juga untuk memilih yang memiliki fitur pengatur suhu di bagian tengah atau AC double blower.

 

Hal ini agar seluruh penumpang kebagian embusan AC dan tidak kepanasan selama perjalanan.

Tempat penyimpanan

Selain laci dan area bagasi yang luas untuk menyimpan barang, pastikan tiap baris pada mobil Anda memiliki cup holder. Apalagi jika anak Anda masih lincah bermain, cup holders akan menjaga air dalam botol minum tidak tumpah membasahi interior mobil.

 

Power outlet

Fitur ini kini menjadi wajib ada di tiap mobil. Tak dapat dipungkiri, hampir suruh anggota keluarga memiliki gadget, dan untuk perjalanan jauh power outlet diperlukan untuk mengisi ulang baterai. Dengan adanya power outlet akan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

ESC

Electronic stability control (ESC) merupakan fitur yang secara otomatis bekerja mengontrol laju saat mobil bermanuver atau berakselerasi di jalan yang licin, sehingga tidak kehilangan traksi ban dengan aspal yang membuat mobil tergelincir atau terbalik.

 

Cara kerjanya, bila sensor mendapati mobil dalam keadaan tidak wajar, misal understeer atau oversteer, maka engine control unit (ECU) segera memerintahkan untuk melakukan berbagai pengaturan agar mobil tetap stabil seperti mengurangi tenaga mesin, hingga melakukan pengereman secara individual di masing-masing ban.

 

ESC ini memiliki nama-nama lain seperti electronic stability program (ESP) atau dynamic stability control (DSC). Sedangkan Toyota dan Daihatsu menyebutnya Vehicle Stability Control (VSC), BMW dengan Dynamic Stability Control (DSC), Isuzu dengan Electronic Vehicle Stability Control (EVSC), dan Peugeot denganElectronic Stability Program (ESP).

MID

Seiring perkembangan zaman, panel informasi yang menunjukkan kecepatan, putaran mesin, jarak tempuh, sisa bahan bakar, dan suhu pada mesin pada mobil pun sudah bergeser dari analog ke digital.

 

MID sendiri adalah kependekan dari multi information display yang memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pengemudi dengan tampilan berupa layar liquid crystal display LCD.

 

Tak hanya  informasi dasar, dengan MID pengemudi dapat mengetahui seberapa besar konsumsi bahan bakar selama perjalanan, jarak yang dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada di dalam tanki, waktu mesin hidup sejak mesin dinyalakan, kecepatan rata-rata kendaraan, konsumsi bahan bakar rata-rata di mobil, jarak tempuh mobil dari titik A ke B, hingga sisa tekanan angin pada ban.

fitur mobil paling berguna

Smart Key dan Engine Start Stop

Kedua fitur ini biasanya memang saling berdampingan dan makin banyak digunakan di mobil-mobil keluaran terbaru.

 

Dengan smart key, cukup kantongi kunci, sentuh lalu tarik tuas pintu, pengemudi pun dapat masuk ke dalam kabin mobil secara otomatis. Begitu juga bila ingin mengunci pintu mobil.

 

Sedangkan, untuk menghidupkan mesin pun cukup dengan menekan pedal rem untuk mobil bertansmisi otomatis atau pedal kopling untuk mobil bertransmisi manual, lalu tekan tombol bertulis engine start stop.

 

Dengan kedua fitur hadi salah satu fitur mobil paling berguna, tentu mobil Anda lebih aman karena susah untuk dibobol maling.

 

Menurut Anda, selain 10 fitur mobil  paling berguna di atas, apa lagi fitur yang penting di sebuah mobil?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.